Monday 15 September 2014

Fifi System

02:09

                                                             Fire Figthing System

Fire Fighting System adalah system yang sengaja dirancang untuk pemenuhan kebutuhan keselamatan kapal. Sebelum kita ulas mendalam mengenai proses pemadaman kebakaran, kit alas terlebih dahulu mengapa bisa dan terjadi kebakaran. Kebakaran atau api dapat muncul atas 3 hal yang saling berkaitan dan muncul secara bersama sama, yaitu Panas, Material, dan oksigen, dengan adanya ketiga hal itu, maka dapat disimpulkan bahwa untuk memadamkan api dapat kita simpulkan kita cukup menutup atau mematikan salah satu dari ketiga factor tersebut sehingga api akan dengan sendirinya padam. Bila kita tinjau dari factor pencetus api atau kebakaran muncul adalah ketiga hal tersebut, sekarang lebih kita khususkan pada material bahannya. Material bahan pencetus sebuah kebakaran terbagi atas 6 jenis type yaitu solid yang berupa kertas, plastic, kayu dsb, type kedua adalah liquid yang berupa minyak dan bahan bakar, type ketiga adalah gasses berupa LPG dan LNG, type ke empat adalah metal berupa Al, Ti, dsb, Type ke lima adalah instalasi kelistrikan, type ke enam adalah peralatan peralatan dapur yang mudah menimbulkan sumber api. Dari pengklasifikasian jenis zat diatas terdapat zat yang sengaja dibuat untuk memadamkan api atau minimal meredam timbulnya api lebih banyak. Yaitu berupa water, foam, dry powder, m28/l2, co2, dan wet chemical. Dari ke enam zat tersebut difungsikan berdasarkan pada jenis dan karakteristik zat, contoh sebagai berikut :
Type I        : Water, dry powder, foam, dan wet chemical
Type II        : Foam, Dry Powder, dan co2
Type III    : Dry Powder
Type IV    : m28/l2
Type V    : Dry Powder, dan co2
    Type VI    : Wet Chemical
Kesimpulan yang didapat, tidak hanya didunia marine yang perlu menerapkan hal demikian pada kondisi api yang terjadi di darat perlu juga menerapkan seperti hal demikian.

Di dalam marine terdapat system yang sengaja disusun untuk mengilangkan salah satu factor dari ketiga factor tersebut ketika api mulai muncul, pengklasifikasian hal tersebut diletakan dalam subuah system yang disebut fifi system. Fifi system terdiri atas 2 bagian, yaitu Local Fifi dan Fire Main. Pada keduanya terbagi lagi pada hal yang sangat mendetail, contohnya sebagai berikut    :
1.    Local Fifi
-    Fixed local fifi
a.    Sprinkle
b.    co2
c.    Dry Foam
d.    Water Pressure
-    Portable local fifi
a.    Foam
b.    Dry Foam
c.    Powder
d.    co2
2.    Fire Main
-    Emergency fire fighting
-    International shore conection

Fire main terdiri atas beberapa komponen yaitu, pertama fire pump, fire main system, hydrant sea water dan hosses and nozzles. Berikut penjelasan detail dari komponen komponen tersebut.
1.    Fire pump
Pompa bilga, sanitary dan ballast dapat digunakan sebagai pompa fifi namun terdapat jumblah minimal dari pada pompa, yaitu minimal 2 pompa. Kapasitas pompa fifi minimal adalah 4/3 dari kapasitas pompa bilga. Didalam penggunaan pompa fifi dapat decouple dengan M/E dan satunya independen.
2.    Fire main system
Jenis pipa yang digunakan adalah pipa stye stell galvanis
3.    Sea water hydrant
Kapasitas sea water hydrant untuk kapal cargo adalah 0.25 – 0.27 N/m2
4.    Hose and nozzle
-    Hosses
Panjang minimal hosses adalah 10m, namun untuk peletakan di E/R adalah 15m sedangkan untuk hosses yang di deck terbuka panjang minimal adalah 30 m dengan total jumblah hosses adalah 5 buah. Namun khusus untuk kapal tanker adalah jumblah minimal 8 buah
-    Nozzle
Diameter nozzle adalah kisaran antara 12 mm, 16 mm, dan 19 mm. Untuk nozzle 12 mm biasanya digunakan di navigation deck sedangkan 19 mm di E/R

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 LogikaProgressive. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top