Monday 15 September 2014

System Bilge

02:00

                                                            System Bilge

    System bilge adalah gabungan dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya guna menunjang pembersihan atau penyedotan fluida dalam bentuk liquid yang ada pada compartement compartement didalam kapal, seperti cofferdam, void tank, engine room, wing tank, ruang muat ( selain tanker ), forepeak tank dan after tank. System bilge ini terintergrasi secara langsung dengan system pada oil water separator. Antara oil water separator dan oil water separator system sebenarnya memiliki fungsi yang kurang lebih sama, perbedaannya hanya pada focus lokasinya. Ows lebih focus pada penyedotan yang berada di engine room.

    Berbicara mengenai komponen pendukung dari pada system ini, system bilge didukung oleh :   
1.Valve dan fitting
Valve yang digunakan pada system ini adalah katup dengan type stop valve dan regulating valve. Khusus untuk stop valve yang digunakan adalam jenis butterfly valve, sedangkan untuk regulating valve yang digunakan adalah katup jenis non return valve dan screw down non return valve. Pertimbangan yang dijadikan dasaran adalah non return valve digunakan agar fluida yang sudah diambil dari compartment dan dipompa menuju well tidak kembali lagi, screw down non return valve digunakan agar dapat secara langsung dan di control secara otomasi dari engine control room, sedangkan untuk butterfly valve digunakan untuk membuka dan menutup aliran fluida yang berasal dari aliran katup non return valve.

2.Pompa
Berbeda dengan system ballast yang menggunakan pompa type aksial, untuk system bilge ini, jenis pompa yang digunakan adalah pompa sentrifugal. Hal ini disebabkan atas pertimbangan letak head statis pompa.
Kapasitas pompa bilge pada umumnya adalah dengan kecepatan aliran fluida tidak lebih dari 2 m/s dan berkapasitas 0.00565 d2, sedangkan untuk kapal cargo dengan panjang lebih dari 30 meter, kecepatan aliran fluida tidak lebih dari 1,22 m/s dengan kapasitas pompa 0.00345 d2.
Jumblah pompa bilge adalah 2 buah, dengan detail satu dapat difungsikan bersama dengan system ballast, fifi dan sanitary atau di couple dengan engine dan satu independen atau bahkan secara independen dua duanya.

3.Pipa
Didalam system disini, peran pipa sangat fundament. Sebelum kita berbicara mengenai detail dari pipa itu sendiri dari segi losses dan lain sebagainya, kita bicarakan terlebih dahulu berkaitan dengan percabangan pipa disini. Pipa disini dibagi atas dua jenis, yaitu pipa utama dan pipa cabang. Perhitungan khusunya untuk diameter disini jelas berbeda satu dengan yang lainnya.

-Diameter pipa utama
Diameter pipa pada kapal selain tanker
D    : 25 + 1.68 ( LPP ( B + D )
Diameter pipa pada kapal tanker
D    : 35 + 3 ( Lo ( B + D )
Keterangan
Lo    : Panjang kapal dari E/R

-Diameter pipa cabang
d.    : 25 + 2.16 ( Lc ( B + D )
Keterangan
 Lc    : Panjang Compartment

-Head Statis
Head Statis adalah tingkat ketinggian dari suction hingga discharge fluida dengan satuan meter.
Hs    : Hd – Hs
Keterangan
Hd    : Ketinggian discharge
Hs    : Ketinggian suction

-Head Tekanan
Head tekanan adalah tingkat tekanan dengan satuan N/m3 yang berada di suction dan discharge.
Hp    : Pd – Ps / ᵞ

-Head Kecepatan
Head kecepatan adalah tingkat kecepatan dengan satuan m/s yang berada di suction dan discharge.
Hp    : Vd – Vs / 2g

-Head Losses
Head losses terbagi atas 2, yaitu head mayor dan minor. Head mayor adalah pengaruh losses yang disebabkan friksi antara fluida dan dinding pipa. Sedangkan head minor adalah kerugian atau losses yang disebabkan kelokan kelokan pipa dan pemasangan fiting pada pipa itu sendiri

4.    Well Tank
Well tank adalah penampung fluida yang berasal dari compartemet. Biasanya jumblah well tank adalah 2 dengan peletakan di starboard dan port side didepan after peak bulkhead.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 LogikaProgressive. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top